Sistem pakar adalah program komputer yang meniru
kemampuan beberapa pakar di bidang tertentu dalam memecahkan masalah seperti
para pakar tersebut memecahkan masalah dalam bidangnya. Proses peniruan
tersebut melibatkan empat hal yaitu:
(1) akuisisi pengetahuan,
(2) representasi pengetahuan,
(3) inferensi pengetahuan,
(4) pemindahan pengetahuan ke pengguna.
Inferensi merupakan kumpulan prosedur yang bertujuan
untuk melakukan penalaran. Inferensi tersebut diimplementasikan di mesin inferensi.
Mesin ini berfungsi untuk mengambil kesimpulan berdasarkan basis pengetahuan
yang dimilikinya. Ada dua teknik inferensi, yaitu Forward Chaining &
Backward Chaining
Forward
Chaining
Forward chaining adalah teknik pencarian yang
dimulai dengan fakta yang diketahui, kemudian mencocokan fakta-fakta tersebut
dengan bagian IF dari rules IF-THEN. Bila ada fakta yang cocok dengan bagian
IF, maka rule tersebut dieksekusi. Bila sebuah rule di eksekusi, maka sebuah
fakta baru ditambahkan kedalam database. Setiap kali pencocokan dimulai dari
rule teratas dan setiap rule hanya boleh dieksekusi sekali saja. Proses
pencocokan berhenti bila tidak ada lagi rule yang bisa dieksekusi.
Backward
Chaining
Backward chaining kebalikan dari fordward chaining
di mana dalam metode ini prosesnya didahului dengan tujuan/goalnya.
Penjelasannya lebih detail yaitu metode inferensi yang bekerja mundur ke arah
kondisi awal. Proses diawali dari Goal (yang berada dibagian THEN dari rule
IF-THEN), kemudian pencarian mulai dijalankan untuk mencocokan apakah fakta-fakta
yang ada cocok dengan premis-premis dibagian IF. JIka cocok, rule diekseksi,
kemudian hipotesis di bagian THEN ditempatkan dibasis data sebagai fakta baru.
Jika tidak cocok, simpan premis dibagian IF ke dalam stack sebagai subGoal. Dan
proses berakhir jika goal ditemukan atau tidak ada rule yang bisa membuktikan
kebenaran dari subGoal atau Goal.
Berikut adalah penggunaan teknik Forward Chaining
dan Backward Chaining pada penentuan bakat anak.
Tabel 1. Jenis Bakat Anak
Kode
|
Bakat Anak
|
K1
|
Intelektual Umum
|
K2
|
Akademik Khusus
|
Tabel 2. Indikator Bakat Anak
Kode
|
Indikator Bakat Anak
|
I1
|
Tingkat
perbendaharaan kata yang tinggi
|
I2
|
Mempunyai
Ingatan kuat
|
I3
|
Penguasaan
kata - kata abstrak
|
I4
|
Memiliki
Pemikiran abstrak
|
I5
|
Memiliki
Prestasi bidang matematika
|
Tabel 3. Variabel Bakat Anak
Kode
|
Variabel Bakat Anak
|
C1
|
Dapat
menirukan kalimat sederhana
|
C2
|
Dapat
meniru kembali 4-5 urutan kata
|
C3
|
Mengulangi
kalimat yang sudah didengarnya
|
C4
|
Menyanyikan
lagu anak-anak lebih dari 20 lebih lagu
|
C5
|
Dapat menyebutkan simbol-simbol
huruf vokal dan konsonan
|
C6
|
Mengucapkan syair lagu
sambil diiringi senandung lagunya
|
C7
|
Dapat
mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut fungsinya
|
C8
|
Meniru
berbagai lambang huruf vokal dan konsonan
|
C9
|
Mengelompokkan
benda dengan berbagai cara menurut fungsinya : misalnya peralatan makan,
peralatan mandi, peralatan kebersihan
|
C10
|
Dapat
Menggunakan dan dapat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dimana, berapa,
bagaimana, dsb
|
C11
|
Bercerita
tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri
|
C12
|
Bercerita menggunakan kata
ganti aku,saya,kamu,mereka, dll
|
C13
|
Menceritakan
pengalaman/kejadian secara sederhana
|
C14
|
Memberikan
keterangan/informasi tentang suatu hal
|
C15
|
Dapat
menyebutkan urutan bilangan 1-10
|
C16
|
Dapat
menunjuk lambang bilangan 1-10
|
C17
|
Meniru
lambang bilangan 1-10
|
C18
|
Mengenal
lambang bilangan 1-20
|
C19
|
Membedakan
dan membuat dua kumpulan benda berdasarkan kuantitasnya.
|
C20
|
Mengenal
perbedaan benda berdasarkan bentuknya
|
C21
|
Mencoba
dan menceritakan tentang proses pencampuran warna.
|
C22
|
Mencoba
dan menceritakan tentang proses benda-benda dimasukkan kedalam air(terapung,
melayang, tenggelam)
|
C23
|
Menceritakan
macam-macam bunyi
|
C24
|
Menceritakan
macam-macam rasa
|
C25
|
Menceritakan
macam-macam bau
|
-Forward
Chaining
Rule
1.
If C1 and C2 and C3 then I1
2.
If C4 and C5 and C6 and C7 and C8 and C9 then I2
3.
If C10 and C11 and C12 and C13 and C14 then I3
4.
If I1 and I2 and I3 then K1
5.
If C15 and C16 and C17 and C18 then I4
6.
If C19 and C20 and C21 and C22 and C23 and C24 and
C25 then I5
7.
If I4 and I5 then K2
Andi bisa menggunakan
dan menjawab pertanyaan apa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana, dsb. Selain itu
dia bisa mengulangi kalimat yang sudah didengarnya dan dapat menyebutkan
simbol-simbol huruf vokal dan konsonan. Maka dapat disimpulkan bahwa jenis bakat
Andi adalah intelektual umum.
-Backward
Chaining
Rule
1.
If I1 and I2 and I3 then K1
2.
If C10 and C11 and C12 and C13 and C14 then I3
3.
If C1 and C2 and C3 then I1
4.
If C4 and C5 and C6 and C7 and C8 and C9 then I2
5.
If I4 and I5 then K2
6.
If C19 and C20 and C21 and C22 and C23 and C24 and
C25 then I5
7.
If C15 and C16 and C17 and C18 then I4
Jenis bakat
Andi adalah intelektual umum. Maka dapat disimpulkan bahwa Andi memiliki tingkat
perbendaharaan kata yang tinggi, mempunyai ingatan kuat dan penguasaan kata -
kata abstrak.
Sumber
Referensi :
makasih gan sangat bermanfaat
BalasHapusijin copy gan
BalasHapusMantap sekali gan.
BalasHapus